Sabtu, 16 Oktober 2010

Tak ada Agama yang Tak Mengajarkan Sedekah

Dalam hal “Memberi” (baik itu memberi sebagian kekayaannya, atau memberi kebaikan-kebaikan yang ia miliki) semua agama selalu mengajarkannya. Mari kita tengok masing-masing ajarannya, sebagai penambah pengetahuan :

1. Umat Islam mengenal Zakat, Infaq dan Sedekah. Zakat itu 2,5 % atau seperempatpuluh dari harta yang kita miliki. Sedangkan Infaq dan sedekah, tidak ditentukan takaran besar jumlahnya dan waktu dikeluarkannya.
2. Umat Kristen Protestan mengenal perpuluhan, yaitu kewajiban untuk memberikan sepersepuluh dari pendapatannya kepada rumah Tuhan. Ada juga Elemosune, yang dapat diterjemahkan dengan kata memberi sedekah.
3. Umat Katholik juga mengenal Persepuluhan dan juga Sedekah.
4. Umat Hindu mengenal Sedekah Dana Punia, yaitu pemberian yang dilakukan secara sukarela dan tulus ikhlas berupa materi.
5. Umat Buddha mengajarkan bagaimana menggunakan kekayaan yang telah dimiliki, yaitu bila ia perumah tangga yang baik, mengumpulkan harta dengan cara-cara baik, ia harus membantu sanak familinya, serta orang lain dalam empat bagian, juga dikenal Amisa Dana, yaitu memberikan bantuan dalam bentuk materi kepada yang membutuhkan.
--- $ ---

1 komentar:

  1. JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    BalasHapus